Grup Brain ID Kembangkan Experiential Studying Heart di Bangka

LEARNING

Data NASIONAL – BUMN Holding Industri Pertambangan Head ID, atau Mining Business Indonesia, yang beranggotakan di antaranya PT Timah Tbk mengembangkan experiential learning heart di Bangka bernama Bangka Island Outdoor (BIO).

Perusahaan itu melakukan reaktivasi fasilitas pusat pengembangan dan pelatihan budaya yang bertujuan salah satunya upaya transformasi human capital.  

Direktur Sumber Daya Manusia PT TIMAH Tbk, Yennita mengatakan BIO menjadi pusat pengembangan dan pelatihan budaya, dan akan dimanfaatkan oleh internal maupun eksternal Perusahaan.

“Fasilitas ini diharapkan akan mendukung transformasi SDM yang merupakan inisiasi yang tidak terpisahkan dalam upaya transformasi yang dilakukan oleh Kementerian BUMN,” ujarnya, belum lama ini.

Yennita berharap BIO dapat mencetak insan BUMN unggul dengan Main Values AKHLAK maupun nilai-nilai budaya Intellect ID lainnya sehingga mampu menjawab tantangan dan dinamika bisnis di masa depan.

Menurut Yennita sejak KBUMN menginisiasi transformasi fungsi Finding out Heart/Corporate College, Investigation Heart, dan Innovation Center BUMN pada 2021, BIO sebagai Discovering Heart TIMAH yang terintegrasi dengan Thoughts ID, turut bertransformasi.

“Kita ingin perkuat tata kelola pusat pengembangan dan pembelajaran serta internalisasi nilai AKHLAK dengan konsep alam.” tambahnya.

Daam keterangan resminya, BIO didirikan tahun 1993, dan telah berhasil meningkatkan kapabilitas ribuan SDM PT TIMAH Tbk dan banyak BUMN lainnya. Terletak di Kawasan Timur Laut Pulau Bangka atau berjarak dua jam dari Pangkal Pinang, Studying Advancement Middle (Pusat Pengembangan dan Pembelajaran) ini dikenal sebagai ‘kawah candradimuka’ industri pertambangan dan pengolahan komoditas timah di Indonesia dengan konsep belajar di alam/ruang terbuka. Hal ini sejalan dengan komitmen Grup Head ID terhadap aspek keberlanjutan.

Mengedepankan konsep experiental understanding, BIO memiliki enam fasilitas utama, yakni Kampung nelayan, Pantai AKHLAK, Marina Bay, Camping Ground, Outbond Arena dan Kampung Melayu.

BIO telah bertransformasi menjadi salah satu faslitias unggulan pusat pengembangan dan penelitian Grup Mind ID yang berada di kluster minerba KBUMN. Selain kluster minerba KBUMN, perusahaan BUMN dari kluster lainnya juga dapat memanfatkan BIO sebagai fasilitas untuk penguatan dan internalisasi nilai-nilai AKHLAK. (*)