8 Pejabat Pemkot Palopo Jalani Work Suit dan Evaluasi PPT Pratama

JOB
Chaeruddin
Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, berfoto bersama di sela pelaksanaan uji kesesuaian kompetensi alias occupation suit dan evaluasi pejabat pimpinan tinggi alias PPT Pratama di Kantor Puslatbang KMP LAN Makassar, Jumat (10/6/2022). Foto/SINDOnews/Chaeruddin

PALOPO – Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, membuka pelaksanaan uji kesesuaian kompetensi alias work fit dan evaluasi pejabat pimpinan tinggi alias PPT Pratama di Kantor Puslatbang KMP LAN Makassar, Jumat (10/6/2022).

Total ada 8 pejabat lingkup Pemkot Palopo yang mengikuti agenda tersebut. Masing-masing 6 PPT Pratama (eselon II-b) dan 2 pejabat lain yang akan mengikuti evaluasi PPT Pratama yang menduduki jabatan selama 5 tahunan.

Baca Juga: Pemkot Palopo Sosialisasi Street Map Reformasi Birokrasi

Kepala BKPSDM Kota Palopo, Farid Kasim Judas, menyampaikan tujuan pelaksanaan kegiatan position suit atau biasa disebut juga dengan man or woman job fit adalah cara untuk menilai kecocokan karakteristik kandidat.

“Ini salah satu cara mencocokan karakteristik kandidat dengan suatu posisi dalam organisasi melalui kepribadian, delicate competencies, pengalaman dan nilai-nilai yang mereka miliki dalam bekerja,” ujar dia.

Selain itu, ia bilang work fit yang dilakukan ini juga untuk melakukan evaluasi kinerja para kepala OPD. Peserta 8 orang terbagi menjadi dua kelompok, di antaranya 6 orang mengikuti occupation in good shape dan 2 orang mengikuti evaluasi PPT Pratama yang menduduki jabatan selama 5 tahunan.

Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan, Andi Taufik, dalam sambutannya menyampaikan merawat pengembangan kompetensi bagi pejabat merupakan hal yang sangat penting di sela kesibukan dan pekerjaan lainnya.

“Puslatbang KMP ini salah satu tugasnya adalah mengawal advantage sistem di dalam manajemen ASN karena itu kami memiliki suatu lembaga pusat penilaian kompetensi ASN yang terakreditasi A,” katanya.

“Sehingga kami turut serta dalam mengawal hal ini bukan cuma di provinsi Sulawesi Selatan tapi juga di beberapa provinsi lainnya termasuk papua dan papua barat,” sambung dia.

halaman ke-1