5 Langkah Mudah Mencari Tahu Aspiration Job

JOB

Ketika masih kecil, mungkin banyak yang menanyakan apa cita-citamu. Saat itu, kamu menjawab profesi yang menurutmu keren, entah itu dokter, polisi, pengacara, bahkan astronaut. Dirimu yang masih kecil membayangkan masa depan penuh kesuksesan.

Sayangnya, kenyataan tidak berkata seperti itu. Gak sedikit orang yang membenci pekerjaannya saat ini.

Dilansir Daily life Hack, menurut Kris McPeak, seorang penulis dan educator, kita seharusnya gak membenci apa yang dikerjakan. Harusnya, kita mencintai setiap menitnya dan sadar bahwa pekerjaan kita itu berarti dan bernilai.

Kalau gak merasa seperti itu, mungkin sekarang saatnya kamu menguliknya. Ini dia 5 langkah mudah mencari tahu aspiration task.

1. Cari tahu ambisimu

ilustrasi laki-laki membaca buku (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Dilansir Lifetime Hack, menurut filsuf Alan Watts, cara terbaik menemukan ambisi dalam hidup adalah dengan menanyakan pertanyaan sederhana ini. “Apa yang akan kamu lakukan kalau kamu gak perlu memedulikan masalah uang? Anggap aja kamu menang uang beratus-ratus juta dan kamu bisa melakukan apa pun dalam hidupmu, hal apa yang akan kamu jadikan sebagai pekerjaan?” Hal itulah yang akan membuatmu benar-benar merasa bahagia.

Pikirkan hal mendasar dari pekerjaan yang pernah kamu lakukan dan cari tahu aspek mana yang membuatmu bertahan di pekerjaan itu. Cari tahu apa yang membuatmu terikat dengan pekerjaan tersebut. Kamu juga bisa mengerjakan kuis kepribadian seperti MBTI untuk lebih memahami ambisimu.

2. Tentukan kekuatan dan kemampuan terbaikmu

5 Langkah Mudah Mencari Tahu Dream Job, Semua Kembali ke Keberanianmu!ilustrasi perempuan menari ballet (pexels.com/Darcy Delia)

Ambisi tanpa kemampuan yang mencukupi gak akan membawamu ke mana pun. Pastikan kamu memiliki skill yang memadai di bidang yang disukai. Hal ini bisa jadi poin tambah ketika kamu berganti jalan karier dan mencoba peruntungan di perusahaan lain.

Kemampuan gak harus hal yang kelihatannya hebat. Kemampuan bisa muncul dari hal-hal sederhana yang biasa kamu lakukan setiap saat tanpa sadar. Misalkan, ketelitian, tepat waktu, bisa bekerja dengan deadline, dan lain-lain.

3. Kembangkan personal network

5 Langkah Mudah Mencari Tahu Dream Job, Semua Kembali ke Keberanianmu!ilustrasi sekelompok sahabat (pexels.com/Helena Lopes)

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Private network sejatinya penting untuk dikembangkan. Hal itu bertujuan agar kamu bisa memperoleh sebanyak mungkin kesempatan yang ada. Coba cari lebih banyak teman baru, hubungi rekan kerja lama, atau cari teman di bidang yang ingin kamu tekuni.

Mengembangkan own network dapat diibaratkan memperbanyak pintu kesempatan yang bisa kamu buka. Kamu juga bisa mendapatkan saran dan insight terkait karier yang ingin kamu kejar dari koneksimu tersebut.

Baca Juga: 5 Kalimat Self-Speak Negatif Ini Beri Pengaruh Buruk Pada Self-Esteem

4. Belajar dengan giat

5 Langkah Mudah Mencari Tahu Dream Job, Semua Kembali ke Keberanianmu!ilustrasi seseorang menulis di buku (pexels.com/lilartsy)

Cari orang yang sedang bekerja di jalan yang kamu inginkan. Coba tanyakan pengetahuan dan keterampilan yang kamu butuhkan di pekerjaan tersebut, kualitas apa yang harus kamu miliki. Dengan demikian, kamu gak buta ketika mulai mengejar karier impianmu itu.

Cari opsi edukasi yang tersedia untukmu. Mungkin, kamu perlu kuliah kembali atau ikut sekumpulan application. Gak hanya itu, kamu bisa mencari beasiswa maupun internship untuk menambah pengalaman. Susun CV sehingga semakin terarah ke karier impian.

5. Beranikan dirimu

5 Langkah Mudah Mencari Tahu Dream Job, Semua Kembali ke Keberanianmu!ilustrasi seorang laki-laki berlari (pexels.com/Samuel Theo Manat Silitonga)

Ketika kamu mengambil keputusan untuk mengejar karier impian dan melepas pekerjaan yang kamu miliki sekarang, pasti ada perasaan takut di dalamnya. Bagaimana pun, untuk bertahan hidup, kita semua butuh uang.

Gak mudah memang menukar masa sekarang yang sudah pasti, dengan masa depan yang gak tentu. Gak ada yang bisa menjamin kamu akan berhasil meraih karier impianmu.

Namun alih-alih fokus ke rasa takut, fokuskan diri ke kemungkinan yang ada. Mereka yang fokus ke rasa takut dan ketidakpastian, cenderung gagal meraih yang diinginkan karena gak bisa melihat jauh ke depan. Pandangan mereka terhalangi sama rasa takut itu. Jadi kalau kamu memang sudah bertekad, beranikanlah dirimu.

Itu dia 5 langkah yang bisa kamu lakukan untuk mulai menemukan pekerjaan impianmu. Gak ada kata terlambat untuk berubah. Selama masih hidup, masih ada kesempatan untuk mulai melakukan apa yang kamu senangi. Memang gak mudah untuk mengubah karier, tapi bukan berarti kamu gak bisa.

Baca Juga: 5 Tips Self Healing yang Baik dan Benar Buat Cowok, Catat!

IDN Periods Neighborhood adalah media yang menyediakan system untuk menulis.
Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.