Wapres Maruf Ingatkan Puasa Jadi Education Penguatan Akhlak dan Karakter

TRAINING

IDXChannel – Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengatakan bahwa bulan suci Ramadan 1443 H merupakan bulan yang rahmat dan penuh kasih sayang, juga bulan penuh ampunan. Oleh karena itu, datangnya bulan Ramadan harus disambut dengan gembira.

“Insya Allah kita akan bertemu dengan bulan Ramadan. Kita sambut bulan ramadan dengan ucapan marhaban bik ya ramadan, marhaban ya syahro syiam. Selamat datang wahai bulan ramadan, selamat datang wahai bulan puasa,” kata Wapres dikutip dari keterangannya, Jumat (1/4/2022)

Bulan suci Ramadan 1443 H, kata Wapres sebagai bulan peningkatan amal ibadah vertikal kepada Allah SWT atau hablumminallah. Dan penguatan hubungan muamalah insaniyah secara horizontal kepada masyarakat atau hablumminannas.

Wapres mengatakan sebagaimana kita ketahui, bahwa tujuan puasa adalah untuk membentuk orang-orang yang bertaqwa. Sebagaimana Firman Allah SWT: ya ayyuhalladzina amanu kutiba alaikumus siyam, kama kutiba alalladzina min qablikum la’allakum tattaqun. Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Puasa, kata Wapres juga mengandung hikmah tidak hanya yang berdimensi religious dan vertikal, tetapi juga sosial dan horizontal terutama penguatan akhlak, etika moral, dan watak atau karakter, bahkan orang yang puasa bahkan menjadi sarana latihan atau schooling yang efektif untuk penguatan akhlak dan karakter.

“Terutama untuk mewujudkan manusia yang bebas dari dosa dan perbuatan tercela yang dapat mengendalikan diri dan jujur sekaligus manusia memiliki solidaritas sosial yang tinggi. Solidaritas sosial yang tinggi tersebut diwujudkan dalam bentuk anjuran, memperbanyak sadaqoh, ini supaya bulan ramadan ini kita jangan menjadi konsumtif,” katanya. 

(NDA)