Tingkatkan Ketrampilan Pelajar SMK, Disdik Aceh Lepas 3 Mobil Schooling ke Daerah

TRAINING

Laporan Muhammad Nasir I Banda Aceh

SERAMBINEWS.COM, BANDA ACEH – Sebanyak tiga unit Mobile Coaching Device (MTU) milik Dinas Pendidikan Aceh dilepas ke kabupaten/kota.

Mobil beserta kru dan instruktur itu diberi tugas untuk melatih pelajar SMK di Aceh, guna meningkatkan ketrampilan mereka.

Pelepasan itu dilakukan langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Alhudri MM di Property Base MTU Pango Raya, Banda Aceh, Jumat (25/2/2022).

Dihadirkan mobil instruction itu ke daerah, dalam rangka mengembangkan keahlian dan keterampilan siswa SMK sesuai keahlian masing-masing.

Baca juga: Haji Uma Minta Menteri Agama Mundur Secara Terhormat

Dinas Pendidikan Aceh melepas tiga unit Mobile Teaching Device (MTU) ke 12 SMK yang berada di berbagai kabupaten/kota di Aceh.

MTU merupakan salah satu application unggulan Dinas Pendidikan Aceh dalam rangka meningkatkan penyerapan lulusan sekolah vokasi agar dapat menjadi tenaga kerja handal sesuai dengan kebutuhan industri.

Kadisdik Aceh, Alhduri dalam sambutannya mengatakan, tujuan dari SMK salah satunya adalah meningkatkan kemampuan peserta didik agar dapat bekerja di dunia usaha dan dunia industri, dunia kerja, berwirausaha atau melanjutkan studi ke perguruan tinggi.

“Bisa dikatakan bahwa lulusan SMK dapat langsung bekerja, melanjutkan ke perguruan tinggi  atau berwirausaha,” kata Kadisdik.

Baca juga: Besok, Pekan Raya Cahaya Aceh Digelar, Hadirkan Pameran Hingga Kuliner

Ia menuturkan, peran SMK sangat dibutuhkan oleh Pemerintah Aceh dalam upaya menekan angka pengangguran, sementara Dinas Pendidikan Aceh sedang berusaha merealisasikan system hyperlink and match.