Penggunaan EdTech Dukung Kesuksesan Blended Understanding

LEARNING

Pemerintah perlu mempersiapkan sebuah sistem pendidikan berbasis teknologi atau education technological innovation (edtech ) untuk mendukung kesuksesan blended finding out, gabungan antara pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh.

“Pandemi Covid-19 seharusnya sudah menyadarkan pemerintah tentang pentingnya mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran sebagai salah satu upaya untuk menjaga kualitas pendidikan dan meminimalisir dampak discovering reduction,” terang Peneliti Center for Indonesian Coverage Research (CIPS) Nadia Fairuza dalam keterangan pada Kamis, (10/2/2022).

Peningkatan kasus positif Covid-19 kembali memperlihatkan urgensi integrasi teknologi ke dalam sistem pendidikan ketika kegiatan belajar cenderung akan mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dan pembelajaran jarak jauh.

Nadia menambahkan, penggunaan edtech dalam mendukung blended mastering dibutuhkan dalam mengadaptasi disrupsi pada sektor pendidikan. Misalnya saja, untuk menunjang fleksibilitas yang didapatkan sekolah dalam mencoba penggunaan berbagai media dan skema pembelajaran.

“Perlu ada pembahasan lebih mendalam terkait pengembangan dan penggunaan edtech ke dalam sistem pendidikan karena penerapannya akan sangat berguna kalau pemerintah jadi menerapkan blended studying,” jelasnya.

Penguasaan kompetensi digital siswa juga perlu dipersiapkan, dimulai dengan penerapan kurikulum yang mengadopsi kompetensi abad 21, termasuk kemampuan digital untuk mengoperasikan teknologi ini. Ini menandakan perlunya pendidikan formal untuk memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan keterampilan ini juga.