Pacu Siswa Bersaing Masuk PTN Impian, Platform E-Learning Gelar Tryout

LEARNING

JawaPos.com – UTBK-SBMPTN menjadi salah satu jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri (PTN) melalui sistem tes atau ujian tulis. Seleksi ini bisa diikuti oleh lulusan pendidikan menengah atas dan lulusan paket C 2020, 2021, atau 2022, dengan maksimal usia 25 tahun per 1 Juli 2022.

Jelang hal tersebut, para siswa dan mereka yang masih mengincar PTN impian tentunya banyak yang bersiap-siap. Adapun yang bisa dilakukan adalah terus mengasah skill dan kemampuan dengan menjalani tryout.

Dalam rangka meningkatkan motivasi siswa dalam mempersiapkan diri menghadapi UTBK ini, platform E-Learning Zenius meluncurkan program Grand Try Out (GTO), yang akan berlangsung selama empat minggu selama bulan April 2022. Seluruh rangkaian program yang ada di GTO dapat diakses secara gratis oleh siapa saja.

Rangkaian acara GTO terdiri beberapa kegiatan, seperti empat sesi Try Out pada 9, 16, 23, dan 29 April 2022, kompetisi “Weekly Latihan Soal Challenge” di fitur ZenPractice dengan hadiah menarik untuk peserta dengan skor tertinggi setiap minggunya (11-29 April), serta Klinik Pembahasan Try Out, di mana peserta bisa menghadiri Live Class dengan tutor Zenius untuk membedah soal-soal dari setiap GTO. Live Class ini akan diadakan setiap minggu dari hari Senin-Jumat.

“UTBK merupakan ujian keterampilan berpikir dan pemahaman konsep yang penting dikuasai agar dapat masuk ke perguruan tinggi impian. Namun, kami tidak ingin siswa merasa tertekan dalam proses persiapan UTBK,” jelas Founder dan Chief Education Officer Zenius, Sabda PS kepada wartawan belum lama ini di Jakarta.

Sebaliknya, lanjut Sabda, dirinya percaya bahwa untuk bisa memberikan kemampuan terbaiknya, setiap siswa harus menikmati proses belajar dan memahami betul materi yang mereka pelajari. “Program GTO sengaja kami rancang sebagai materi pembelajaran yang dapat memicu kecintaan belajar dan meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa melalui konsep gamifikasi yang menyenangkan,” imbuh Sabda.

Editor : Mohamad Nur Asikin

Reporter : Rian Alfianto