Kini, Position Seekers Bisa Langsung Diterima Kerja Setelah Interview

JOB

Bagi para pencari kerja (work seekers), berkesempatan mengikuti wawancara atau interview kerja di perusahaan yang diidamkan tentu menyenangkan. Apalagi, setelah proses interview selesai, para kandidat tentu tidak sabar menunggu pengumuman panggilan kerja dari perusahaan tersebut.

Namun, sering kali waktu tunggu tersebut cukup lama. Di Indonesia, pengumuman diterima atau tidaknya work seekers bisa memakan waktu hingga satu bulan, bahkan lebih. Waktu tunggu tersebut hingga saat ini masih menjadi salah satu kendala proses rekrutmen atau hiring di Indonesia.

Bagi occupation seekers, waktu penantian semacam ini memberikan ketidakpastian dan cukup menyita waktu. Bagi perusahaan, hal ini juga menjadi hambatan dalam penyerapan tenaga kerja guna menunjang performa bisnis.

Berbagai inovasi rekrutmen telah diciptakan guna memangkas waktu tunggu dan proses panjang interview kerja guna mengatasi kendala tersebut. Salah satunya lewat method a single-day hiring, atau rekrutmen dan interview kerja satu hari, seperti yang diadakan oleh SPE Option.

SPE Remedy, salah satu perusahaan fintech di Indonesia, menciptakan application one-working day choosing bertajuk SPEedhunt. “Melalui SPEedhunt, kandidat kerja bisa langsung mengikuti seleksi penerimaan seperti psikotes hingga interview kerja dalam satu hari yang sama,” jelas Tiara Maulida, alumni SPEedhunt 2019 yang hingga kini bekerja sebagai Individuals & Organizational Enhancement di SPE Option.

SPEedhunt tidak hanya berfungsi sebagai wadah bagi perusahaan untuk merekrut pekerja berkualitas dalam waktu yang singkat. Tetapi, kegiatan ini juga bertujuan untuk menghemat waktu dan tenaga yang dibutuhkan para kandidat dalam menjalani proses seleksi dan interview kerja.

Plan one particular-working day employing ini pertama kali dilaksanakan pada September 2019 silam dan diikuti oleh lebih dari 350 kandidat. Dari keseluruhan peserta, dipilih beberapa kandidat yang mengisi berbagai bidang kerja di SPE Solution, mulai dari Divisi IT Progress, Product or service Enhancement , Divisi Organization & Marriage, hingga HC-GA.

“Sebagai career seeker, saya terbantu dengan proses choosing yang cepat. Sehingga, saya tidak perlu lagi menunggu lama untuk mengetahui hasil setiap proses seleksi dan tidak digantung,” ungkap Tiara.

Pada Juli 2022 ini, SPE Alternative akan kembali menggelar SPEedhunt. Software rekrutmen ini terbuka bagi siapa saja, baik bagi fresh new graduate maupun para pekerja yang ingin mencari kesempatan baru. Namun, selain 1-day employing SPEedhunt, SPE Resolution juga akan mengadakan application beasiswa bagi mahasiswa, bernama Particular Talent Scholarship.

Plan beasiswa ini akan diberikan dalam bentuk pendanaan kuliah atau penelitian bagi mahasiswa dan kesempatan untuk berkarir sebagai programmer di SPE Alternative langsung setelah lulus. Sebelumnya, software ini ditujukan pada mahasiswa di daerah Yogyakarta, Solo, dan Malang. Tetapi, SPE Answer berencana memperluas jangkauannya pada pertengahan tahun 2022 nanti.

“Kami mengadakan SPEedhunt dan Specific Expertise Scholarship untuk mendapatkan kandidat-kandidat yang bertalenta secara lebih cepat dan tepat. Terlebih untuk program beasiswa, ini adalah cara SPE Remedy untuk berkontribusi dan berinvestasi pada pendidikan di Indonesia, khususnya di sektor pendidikan tinggi dan Data Technologies atau programming,” kata Rico L. Simarmata, CEO SPE Alternative.

Swa.co.id