Design Discovery Mastering Meningkatkan Belajar Siswa Sekolah Dasar

LEARNING

Oleh: Nasyia Diasti Utami SPd, PPG Prajab Universitas Ahmad Dahlan 2022

PERKEMBANGAN ilmu pengetahuan dan teknologi kini semakin pesat. Seiring dengan pendidikan yang terus mengalami perkembangan. Setiap waktu akan mengalami perkembangan. Setiap waktu akan mengalami perubahan yang akan menentukan arah mutu pendidikan ke depan. Dalam proses pembelajaran, semua mata pelajaran yang diajarkan memiliki tujuan masing-masing demi mempersiapkan siswa dalam masyarakat.

Pada pembelajaran saat pandemi di sekolah dasar , design yang digunakan belum bervariasi. Hal ini dibuktikan dengan pembelajaran luring siswa diberi tugas lewat aplikasi Whatsapp. Pada pembelajaran luring di sekolah dasar expert juga memanfaatkan Whatasap, Quiziz. Namun penggunaan aplikasi memang belum digunakan secara maksimal karena mengalami beberapa kendala.

Penetuan model pembelajaran harus disesuaikan dengan materi yang akan diberikan dan harus sesuai dengan tujuan pembelajaran. Model pembelajaran yang digunakan hanya berpusat pada guru pada saat pandemi, siswa cendrung mendengar dan mencatat, maka diperlukan design pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan digunakan pada saat ini. Ketuntasan belajar siswa di sekolah sering dikaitkan dengan permasalahan belajar dari siswa tersebut dalam memahami materi.

Untuk mendapatkan pembelajaran yang maksimal untuk siswa expert perlu melakukan kreativitas dalam pembelajaran. Menurut Jerome Burner (Hosnan, 2014: 281), design discovery discovering merupakan product pembelajaran yang dapat mendorong siswa untuk aktif bertanya dan menarik kesimpulan dari prinsip-prinsip yang bersifat umum.

Model pembelajaran discovery finding out adalah suatu product yang dapat menggambarkan cara belajar siswa aktif dengan menyelidiki dan kemudian menemukan sendiri. Product discovery bertujuan agar siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, dalam penerapan discovery understanding siswa diarahkan agar lebih berperan dalam kegiatan pembelajran, jadi hasil belajar siswa meningkat. Siswa dapat memeperoleh pengetahuan yang diperoleh sendiri dengan memecahkan sebuah masalah.

Langkah-langkah Discovery guru memaparkan topik yang akan dikaji,tujuan belajar, motivasi dan memberikan penjelasan ringkasan, guru mengajukan permasalahan atau pertanyaan yang terkait dengan topik yang dikaji, kelompok merumuskan hipotesis dan merancang percobaan atau mempelajari tahapan percobaan yang di paparkan oleh expert,  guru memfasilitasi kelompok dalam melaksanakan percobaan /investigasi. kelompok melakukan percobaan atau pengamatan untuk mengumpulkan information yang di butuhkan untuk menguji hipotesis, kelompok mengorganisasikan dan menganalisis details serta membuat laporan hasil percobaan atau pengamatan, Kelompok memamparkan hasil inestigasi percobaan, atau pengamatan.dan menggunakan konsep yang ditemukan, guru membimbing peserta didik dalam mengkonstruksi konsep berdasarkan hasil investigasi. (*)