Bupati Berharap Job Honest 2022 Serap Tenaga Kerja dari Kabupaten Blora

JOB

Pemerintah Kabupaten Blora menyelenggarakan bursa kerja atau position truthful selama dua hari 7 – 8 Juni 2022 di GOR Mustika, Blora, dengan menghadirkan puluhan perusahaan dari berbagai daerah untuk memfasilitasi
pencari kerja dari Kabupaten Blora.

Pembukaan Career Honest secara resmi dilakukan oleh Bupati Blora H. Arief Rohman, S.IP,M.Si didampingi Forkopimda dan Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Blora dengan ditandai pemukulan gong dan pengguntingan pita, Selasa pagi (7/6/2022) di GOR Mustika.

Setelah dibuka Bupati, nampak masyarakat Blora sangat antusias menghadiri gelaran occupation good. Bahkan lokasi registrasi lalu dan stand dari berbagai perusahaan nampak ramai dikunjungi calon tenaga kerja.

Bupati Arief mengapresiasi adanya kegiatan ini untuk menyerap tenaga kerja dari Kabupaten Blora. Sekaligus menghubungkan antara perusahan dengan pencari kerja.

“Saya mengapresiasi kegiatan career good ini dalam rangka untuk menghbungkan antara perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja dengan yang akan mencari kerja,” ungkap Bupati.

Diadakannya acara ini semoga bisa menyerap tenaga kerja yang ada di Kabupaten Blora.

Kedepan, Bupati juga akan terus mendorong agar investasi bisa hadir di Blora, sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

“Kita berupaya bagaimana investasi bisa hadir di Blora ini, saya berharap kepada dinas-dinas terkait untuk menciptakan kondusivitas industri, ketika ada trader yang masuk berikan pelayanan yang terbaik, Kalau ada investasi nanti tentu ada penyerapan tenaga kerja juga” tambahnya.

Selain itu, pihaknya juga menggarisbawahi bahwa peningkatan kualitas SDM di Kabupaten Blora juga agar terus didorong, salah satunya melalui pelatihan-pelatihan.

“Perlunya pelatihan juga untuk adik-adik kita yang setelah lulus sekolah atau kuliah ini dibekali dengan pelatihan-pelatihan sehingga nanti ketika ada lowongan pekerjaan, nanti kalau ada sertfikat, tersertifikasi tentu lebih siap untuk masuk ke dunia kerja,” tuturnya.

Bupati menyampaikan apresiasi kepada perusahaan yang telah menjadi mitra untuk membuka lowongan pekerjaan untuk masyarakat Blora.

Sementara itu, Kepala Dinperinnaker Kabupaten Blora, Endro Budi Darmawan,SE.,M.Si., menjelaskan bahwa Pemkab berusaha memfasilitasi pencari kerja dari Kabupaten Blora untuk mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuan.

Juga membantu pengguna tenaga kerja dalam hal ini perushaan untuk mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

“Penyelenggaraan bursa kerja dinaksudkan untuk memfasilitasi dan mempertemukan antara pencari kerja dengan pengguna kerja/perusahaan secara langsung sehingga mempermudah proses penempatan,” jelas Endro.

Hingga pagi ini, tercatat sudah lebih dari 3.250 calon tenaga keeja yang sudah mendaftarkan diri secara on the internet.

Endro juga menambahkan bahwa work honest tersebut menghadirkan sebanyak 30 perusahaan dari berbagai bidang.

“Dari 30 perusahaan ini terdapat lowongan kerja bagi 17.700 tenaga kerja sehingga hal ini dharapkan dapat menekan angka pengangguran di Kabupaten Blora,” tutupnya.

Dengan demikian diharapkan turut membantu mengurangi jumlah pengangguran.

“Diharapkan mengurangi angka pengangguran melalui peningkatan penempatan tenaga kerja, sasaran pencari kerja dapat memperoleh informasi lowongan pekerjaan yang akurat, sehingga bisa memilih jenis pekerjaan sesuai bakat, minat dan kemampuan dan kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan,” ujarnya.

Salah satu calon tenaga kerja, adalah Wanda (21), dirinya yang merupakan salah satu alumni SMK di Cepu ini sengaja mengikuti career fair ini untuk mencari informasi lowongan pekerjaan yang sesuai minat dan bakat yang dimiliki.

“Rencananya mau mendaftar disini, lewat acara jobfair ini, ada perusahaan yang membuka lowongan sesuai dengan minat saya,” Jelasnya
“Alhamdulillah ada kegiatan job good ini bisa membantu saya untuk pekerjaan, harapannya semoga nanti saya bisa dapat hasil yang terbaik disini,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut Bupati juga secara simbolis menyerahkan sertifikat pelatihan kepada perwakilan, kemudian dilanjutkan dengan meresmikan kegiatan occupation reasonable dengan memukul gong dan pemotongan pita. Bupati Arief bahkan nampak meninjau stand-stand perusahaan yang ada.

Hadir pada kesempatan tersebut, Forkopimda, Kepala OPD, Camat dan tamu undangan lainnya (Tim Dinkominfo/Prokompim).